Kamis, 21 Januari 2010

MULAI MENJALANKAN DESKTOP SUSE

Sistem SUSE dimulai dengan menampilkan layar login. Login adalah salah satu tahapan awal untuk membuka system operasi LINUX. Login bisa diibartkan sebagai kunci pintu. Login berfungsi untuk menjamin keamanan computer. Hanya pengguna yang memiliki hak login yang bisa menjalankan computer. Login seseorang bisa dibatasi pemakaian oleh seorang administrator. Identitas login digunakan system untuk membuk sesi sesuai dengan nama dan hak yang anda miliki. Linux menggunakan passwort untuk memeriksa siapa anda.

Langkah untuk melogin pada computer adalah sebagai berikut:
1. idupkan computer anda. Jika alam computer terdapat system operasi Linux,tampilan pertama yang akan muncul adalah menu yang meminta anda memilih system operasi apa yang digunakan,pilih Linux. Proses ini dilewati jika system computer hanya terdapat Linux dengan langsung melakukan boot.
2. setelah boot system akan menampilkan login grafis. Isi login dengan user account (misal root jika ingin login sebagai user root) dan password anda pada kotak tersedia.
3. pilih desktop evironmen yang ingin anda gunakan dengan klik menu-session Type KDE (yang lain) dan tekan tobol login atau enter.


Suse akan memeriksa catatan informasi account (user dan password) anada dan menyediakan akses ke komputer jika informasi yang dimasukan benar,halaman desktop akan ditampilkan dan anda siap mengoprasikan system.Jika informasi yang anda masukan salah system akan menampilkan pesan kesalahan dan proses tidak akan dimulai.


MENJALANKAN SUSE DENGAN KDE

Secara default SuSE akan menjalnkan desktop KDE (K Desktop Environment).
Sebagai interface garis KDE sangat mudah dan menarik untuk digunakan.KDE menyediakan UI yang user friendly dan bisa diintergrasikan dengan berbagai aplikasi mirip dengan apa yang disediakan oleh interface Windows dan Macintosh.

Dari sudut pandang pemakai KDE menyediakan berbagai fitur,sebagai berikut:
 file secara langsung pada Desktop KDE, seperti pada macintosh,anda bisa melakukan drag file ke desktop dan menempatkan disana sebagai ikon. Aplikasi dapat secara otomatis dijalankan oleh link yang ditempatkan oleh desktop.
 Manajemen sesi,yang berarti bahwa aplikasi dapat mengingat keadaan mereka ketika anda keluar (log out) dan mulai kembali aplikasi tersebut dengan keadaan yang sama persis ketika anda login kembali.sebagai contoh, anda dapat mulai kembali file yang sama dengan file yang sedang anda kerjakan pada saat anda logout.
 Panel desktop, menyediakan akses cepat ke aplikasi yang disediakan Main Menu dan application Starter (tombol-tombol panel untuk memulai aplikasi-aplikasi favorit anda)
 Taskbar menunjukan semua jendela yang tersedia saat itu,yang memungkinkan anda berpindah antar aplikasi dengan cepat, meskipun jendela-jendela tersebut diperkecil.
 Pager memungkinkan anda untuk mengatur beberapa desktop dan berpindah dengan mudah antar desktop-desktop tersebut. Sebagai contoh, anda mungkin menaruh program e-mail anda pada satu desktop,semua tool-tool pemrograman pada desktop yang lain,dan game solitaire seorang diri pada desktop ketiga.


KOMPONEN DESKTOP KDE

Setelah anda masuk kelingkungan KDE, cobalah menjelajahi lingkungan baru anda untuk beberapa saat. Jika anda telah akrab dengan sistem berbasis GUI lain seperti microsoft windows, OS/2 atau macintosh, desktop KDE tak akan terasa asing bagi anda.
Seperi desktop pada system operasi lain, desktop KDE memiliki banyak komponen yang bida diatur maupun ditambah. Desktop yang ditampilkan merupakan hak milik pribadi masing-masing user. Setiap user yang login ke komputer Linux berhak mengubah tampilan desktop sesuai keinginannya, termasuk komponen-komponennya.
Pada dasarnya komponen utama desktop KDE adalah ikon-ikon pada desktop yang digunakan sebagai shortcut file, folder, URL, atau program dan panel pada bagian bawah layar yang digunakan untuk memulai aplikasi dan berpindah antar desktop. Panel berisi main menu, ikon yang menampilkan menu berbagai aplikasi saat di klik.
Klik satu ikon pada desktop KDE akan memulai suatu program yang dihubungkan jika anda klik kanan suatu ikon, menu yang berbeda akan tampil ( tergantung dari program ) demikian juga pada ruang kosong desktop panel.


IKON-IKON PADA DESKTOP KDE
Ikon pada desktop merupakan shortcut ( jalan singkat ) untuk menjalankan suatu aplikasi. Shortcut adalah penghubng ( link ) suatu obyek yang terdapat dalam komputer atau jaringan, seperti file, folder, halaman web, printer dan komputer lain. Pengaksesan file atau folder dapat di lakukan dengan melakukan klik gambar pada ikon shortcut atau dengan klik kemudian menekan enter.


PANEL KDE
Saat anda memulai KDE untuk pertama kalinya, panel akan terletak pada dasar lyar, meskipun dapat dipindahkan ke sisi lain. Panel KDE disbut juga dengan kicker.
Dari panel tersebut, anda akan memulai program-program anda dan berpindah di antara desktop-desktop virtual. Jika anda klik suatu ruang kosong pada panel dengan tombol kanan mouse, suatu menu yang menyediakan bantuan umum dan opsi-opsi konfigurasi untuk panel akan ditampilkan. Anda bisa memindah, manambah atau menghilangkan berbagai aplikasi tombol khusus, applet, atau extension pada panel. Anda bisa memindah aplikasi atau applet dengan klik ikon yang bersangkutan dengan tombol kanan mouse dan pilih remove dari menu yang ditampilkan. tabel berikut adalah daftar elemen standart pada panel KDE.


MAIN MENU
Secara default tombol main menu terletak di ujung kiri panel. Tombol mainmenu memiliki panah kecil datasnya untuk mengindikasikan bahwa tombol ini akan menampilkan menu jika anda melakukan klik diatasnya. Main menu memudahkan anda mengakses seluruh aplikasi yang terinstalasi pada sistem suse linux. Program aplikasi yang telah terinstalasi secara otomatis akan terpasang pada main menu.setiap kelompok program akan memiliki sub menu sesuai kategorinya.
Untuk memulai suatu program, cukup kilik pada tombola main menu. Anda akan melihat daftar dengan kategori berbeda, ditambah dengan beberapa entry. Setiap anda menggerakkan mouse diatas entry yang mempunyai panah disebelah kanannya, meu baru akan muncul. Saat menemukan program yang ingin anda jalankan, cukup lik diatasnya.




Terdapat tiga kelompok entry utama pada main menu.berikut adlah deskripsi kelompok-kelompok tersebut dari bawah keatas :
 Kelompok actions dengan entry sebagai berikut :
• Logout : entry ini digunakan untuk mengakhiri sesi KDE atau keluar dari sistem.
• Lock Screen : jika anda meninggalkan komputer untuk sementara dan tak ingin orang lain melihat desktop anda gunakan entry ini untuk mengunci layar.
• Switch User : dengan entry ini anda bisa memulai sesi ke dua sebagai user lain pada satu komputer.
• Run Command : entry ini akan menampilkan jendela dialog yang memungkinkan anda memasukkan suatu peirintah.
• Bookmarks : entry ini membuka editor bookmarks ke edit bookmarks. Dengan program ini nda bisa membuat, mengelompokkan, mengubah. Atau menghapus bookmarks. Browser dan file manager konqueror dapat mengakses bookmarks tersebut.
 Kelompok berikut adalah aplikations. Terdapat beberapa sub menu yang berisi entry untuk berbagi aplikasi yang di kelompokkan berdasarkan kategorinya.entry dan kelompok aplikasi yang terdapat pada kelompok ini adalah :
• Suse help-center : entry untuk menampilkan sistem bantuan suse dan KDE
• Home : entry untuk membuka direktori home anda
• Find files : entry untuk mencari suatu file. Entry untuk membuka Kcontrol. Aplikasi untuk mengkonfigurasikan seluruh hal pada desktop KDE anda.
• Office : sub menu untuk aplikasi-aplikasi office
• Multimedia : sub menu untuk aplikasi-aplikasi multimedia
• Internet : sub menu untuk aplikasi-aplikasi internet
• Graphics : sub menu untuk aplikasi-aplikasi grafis
• Games : sub menu berisi berbagai game
• Edutaiment : sub menu untuk aplikasi-aplikasi pendidikan
• Development : sub menu yang berisi berbagai hal yang berhubungan dengan pemrograman pada lingkungan linux.
• Aplikations : sub menu untuk aplikasi-aplikasi lain yang belum di kelompokkan
 Kelompok most used aplikation brisi entry-entry untuk aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar